Mandiri

Diskripsi

Jalur seleksi Mandiri merupakan seleksi Jalur Terbuka bagi calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Lampung. Pola seleksi tertuang dalam satu sistem terpadu dan mandiri melalui mekanisme seleksi Portofolio/Ujian Tulis.

Ketentuan

Jalur MANDIRI merupakan pola seleksi lokal berdasarkan hasil seleksi sistem penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku di Politeknik Negeri Lampung.

Prinsip

Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas dengan menggunakan hasil seleksi ujian tulis/portofolio, dan seleksi wawancara. Seleksi dilaksanakan secara objektif dan adil dengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri Lampung.

Mekanisme

(1). Pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran online, (2). Peserta mengikuti seleksi ujian tulis/portofolio. (3). Peserta yang lolos seleksi ujian tulis wajib mengikuti seleksi Wawancara. dan (4). Peserta yang lolos seleksi wawancara wajib melakukan daftar ulang (validasi dan registrasi).

Tatacara

Tatacara pendaftaran UM dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1). Pendaftar melakukan pendaftaran user akun pendaftaran, dilaman sistem pendaftaran online yang dibuka. 2). Login ke sistem pendaftaran online, menggunakan user akun yang telah didapat, 3). Menyelesaikan tahap inisialisasi program studi pilihan dan registrasi pembayaran biaya pendaftaran, 3). Menyelesaikan seluruh proses pada tahap registrasi data dan melakukan verifikasi pendaftaran. 4). Memonitoring informasi pendaftaran dan mengunduh dokumen terkait pendaftaran (formulir online). dan 5) Pendaftar mengikuti seleksi yang diselenggarakan panitia lokal. (lihat jadwal pelaksanaan)

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan Siswa/i SMA/SMK/MA/Sederajat
  2. Umur maksimal 22 tahun pada tanggal 1 September 2021
  3. Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna. (didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter) dan dibawa pada saat seleksi wawancara.
  4. Warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  5. Mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi.
Scroll to top