Login
Infomasi: Registrasi Pendaftaran Online akan ditutup pada tanggal 6 Juni 2014, Pukul 23.59 WIB. Batas waktu penyelesaian proses entri dan verifikasi data registrasi pendaftaran bagi pendaftar yang telah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran sebelum tanggal 6 Juni 2014, diberikan batas waktu hingga hari minggu tanggal 8 Juni 2014.

Jalur dan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Jalur dan Sistem Penerimaan

spmb politeknik negeri lampung

Politeknik Negeri Lampung meneriman calon mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015 melalui 4 (empat) jalur seleksi dan penerimaan, yaitu : 1). BidikMisi, 2).Sistem penerimaan melalui Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), 3). Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), dan 4). Ujian Masuk Politeknik Negeri Lokal (UMPNL).

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) adalah sebuah mekanisme penerimaan mahasiswa baru dilingkungan Politeknik Negeri Lampung. Mekanisme yang dimaksud meliputi runtutan proses yang dimulai dari (1).pendaftaran, (2).seleksi dan (3).pengumuman hasil seleksi bagi calon mahasiswa baru. Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) mulai Tahun 2011, telah menyediakan sebuah fasilitas berbasis teknologi informasi (website) guna menunjang kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat membantu calon pendaftar atau calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia, untuk dapat mengikuti proses Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lampung tanpa dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu. Selain itu juga, dengan diimplementasikannya fasilitas ini dapat meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat terhadap mekanisme dan proses penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Lampung.

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru

Syarat Pendaftaran

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pendaftar pada penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Lampung adalah :

  1. Lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Jurusan yang sesuai.
  2. Umur maksimal 24 tahun pada tanggal 1 September 2014
  3. Berjiwa dan berbadan sehat.

    Khusus untuk calon mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis tidak buta warna. Pengecekan buta warna akan dilakukan pada saat pendaftaran ulang, apabila terbukti buta warna maka yang bersangkutan dinyatakan GUGUR.

  4. Warga Negara Asing

    Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional R.I. sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.

  5. Wajib Memiliki email pribadi

    Calon pendaftar diwajibkan memiliki email pribadi. email tersebut nantinya digunakan untuk pendaftaran akun pendaftar.

Prosedur Pendaftaran Online

Prosedur Pendaftaran

DOWNLOAD PROSEDUR

  1. Calon Pendaftar Melakukan registrasi Akun pendaftar di situs PMB Politeknik Negeri Lampung : pmb.polinela.ac.id. Klik Tombol "DAFTAR SEKARANG".

    Pada tahap ini pendaftar melakukan registrasi akun user pendaftaran online. Kemudian sistem akan mengirim informasi akun dan nomor pendaftaran ke email calon pendaftar.

  2. Calon Pendaftar membuka/memeriksa email pribadi (email yang didaftarkan pada akun pendaftar). Mohon untuk memeriksa juga Folder SPAM Anda..

    Calon pendaftar akan menerima email yang berisi informasi data pendaftaran berupa: Username, Password, dan nomor PIN. Kemudian pendaftar melakukan pembayaran/transfer biaya pendaftaran.

  3. Calon Pendaftar membayar/mentransfer biaya pendaftaran ke BANK yang telah ditentukan. dengan informasi sebagai berikut :
    1. Biaya Pendaftaran : Rp. 150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
    2. Nama Bank : BANK BNI 46. Cabang Malahayati.
    3. Nomor Rekening : 71059905
    4. Atas Nama : POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
    5. Berita : # PMB # Nomor PIN wajib diisi pada kolom/item BERITA di Formulir Setoran Rekening BANK BNI.
  4. Setelah membayar/mentransfer uang pendaftaran, dalam kurun waktu kurang lebih 1x24 jam, Calon Pendaftar membuka/memeriksa kembali email pribadi (email yang didaftarkan pada akun pendaftar). Mohon untuk memeriksa juga Folder SPAM Anda..

    Calon pendaftar akan menerima email yang berisi konfirmasi dan validasi pembayaran. Dan melakukan aktifasi akun pendaftar, dengan cara mengklik link 'aktifasi' yang ada (disertakan) pada email yang dikirimkan oleh sistem.

  5. Pendaftar melakukan Login dan registrasi data pendaftaran pada sistem pendaftaran mahasiswa baru online di situs pmb.polinela.ac.id.

    Pendaftar menggunakan email,username dan password untuk LOGIN (otentikasi user). Setelah berhasil masuk ke sistem pendaftaran online, pendaftar wajib melakukan proses/tahapan registrasi data pendaftaran yang disediakan didalam sistem. Proses/tahapan registrasi meliputi registrasi Biodata, Alamat, Asal Sekolah, Orang Tua/Wali, registrasi pemilihan program studi dan diakhiri dengan verifikasi atau finalisasi registrasi data pendaftaran.

  6. Pendaftar mendownload dan mencetak Kartu Ujian Masuk.

    Kartu ini wajib dibawa pada saat mengikuti ujian masuk. Dan jika Pendaftar telah sampai daftar ini, maka Pendaftar telah dinyatakan sebagai Peserta Ujian Masuk Politeknik Negeri Lampung.

  7. Pendaftar Mengikuti ujian masuk sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dengan membawa berkas sebagai berikut :
    • Kartu Ujian Masuk
    • Fotokopi Ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar
  8. Pendaftar akan menerima pengumuman hasil ujian/tes sesuai jadwal pengumuman yang telah ditentukan.

    Bagi pendaftar yang lulusa dan diterima sebagai calon mahasiswa baru, wajib mendownload formulir pendaftaran online yang disajikan pada halaman pengumuman.

  9. Bagi Pendaftar yang dinyatakan lulus dan diterima. Wajib melakukan registrasi daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan melengkapi persyaratan berkas fisik pendaftaran sebagai berikut :
    • Formulir Pendaftaran (download di sistem) sebanyak 1 (satu) lembar
    • Fotokopi Ijazah SMA Sederajat yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar
    • Fotokopi SKHUN yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar
    • Pas photo BERWARNA terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 (empat) lembar

    Seluruh berkas-berkas yang dimaksud, dimasukkan dalam Stofmap folio warna merah untuk kelompok REKAYASA Program DIII, warna biru untuk kelompok TATA NIAGA program DIII, warna hijau untuk kelompok REKAYASA Program Diploma IV sebanyak 2 (dua) eksemplar. Kemudian berkas diserahkan/dikirimkan kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lampung.



Informasi Program Studi

Daftar Program Studi

Berikut ini adalah daftar Program Studi di Politeknik Negeri Lampung. Pendaftar dapat memilih maksimum 3 (tiga) Program Studi sebagai Program Studi Pilihannya. Urutan pilihan menentukan prioritas Program Studi pilihan Pendaftar.

  1. DIII. Produksi Tanaman Pangan - 0711 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang kompetitif untuk memenuhi pasar tenaga kerja, berjiwa wirausaha, pelaku bisnis pembenihan yang handal, dan berkemampuan komunikasi yang baik.

  2. DIII. Hortikultura - 0712 - Akreditasi : A - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai manajer, supervisor, konsultan, penyuluh, teknisi produksi holtikultura, kultur jaringan dan penata taman serta mampu mengembangkan agribisnis hortilkultura.

  3. DIV. Teknologi Pembenihan - 0713 - Akreditasi : C - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menghasilkan Sarjana Saint Terapan (SST) di bidang teknologi perbenihan yang profesional, berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki kemampuan dalam pemberdayaan agribisnis dan teknologi pertanian yang tangguh dan berkelanjutan.

  4. DIII. Produksi Tanaman Perkebunan - 0721 - Akreditasi : A - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan (kualifikasi) pada tingkat supervisor dalam bidang perkebunan yang meliputi budidaya, pengolahan hasil, manajemen perkebunan kewirausaan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dan sikap yang bertanggung jawab berdasarkan kaidah ilmiah.

  5. DIV. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan - 0722 - Akreditasi : C - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan sumber daya manusia (lulusan) yang memiliki kemampuan teknis (profesional), manajerial, akademik, dan kemampuan komunikasi interpersonal berdasarkan keahlian pada komoditi tanaman perkebunan tertentu.

  6. DIII. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan - 0731 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis operasional dan manajerial dibidang keteknikan sumber daya lahan dan air dengan kompetensi dibidang survei dan perpetaan, perencanaan dan aplikasi irigasi, pengolahan dan pemanfaatan sumber daya lahan, analisis kualitas lingkungan.

  7. DIII. Mekanisasi Pertanian - 0732 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai seorang supervisor pengoperasian alat dan mesin budidaya pertanian, alat dan mesin pasca panen, bangunan pertanian, dan perbengkelan pertanian.

  8. DIII. Teknologi Pangan - 0733 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang profesional dalam teknologi pengolahan pangan dan penanganan produk pertanian, memiliki kemampuan sebagai seorang quality control dan supervisor proses pengolahan pangan dengan daya juang yang tinggi serta memiliki kemampuan mengembangkan diversifikasi produk olahan pangan dan memiliki jiwa wirausaha.

  9. DIII. Produksi Ternak - 0741 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang profesional dalam seleksi ternak bakalan, program pemberian dan formulasi ransum ternak, penerapan program reproduksi ternak, perancangan program pencegahan dan pemberantasan penyakit, perencanaan dan pengelolaan suatu usaha peternakan dan pemasaran produk peternakan.

  10. DIII. Budidaya Perikanan - 0742 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global, memiliki kemampuan sebagai tenaga kerja tingkat madya, wirausahawan yang handal dibidang pembenihan serta pembesaran ikan, udang, kerang dan lain-lain.

  11. DIII. Agribisnis - 0751 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menyiapkan lulusan yang profesional dalam wirausaha agribisnis serta terampil menerapkan teknologi dan komunikasi dalam bisnis.

  12. DIII. Akuntansi - 0752 - Akreditasi : B - Rumpun Ilmu : Tata Niaga

    Menyiapkan lulusan yang profesional dalam penyusunan laporan keuangan untuk berbagai jenis perusahaan, penghitungan dan pelaporan pajak, dan pelaksanaan proses audit dengan mengimplementasikan sistem informasi akuntansi.

  13. DIII. Manajemen Informatika - 0753 - Akreditasi : C - Rumpun Ilmu : Rekayasa

    Menghasilkan lulusan Ahli Madya (Amd) Manajemen Informatika dan komputer yang mampu : 1). Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem basis data. 2). Merancang, mengembangkan dan mengelola perangkat lunak komputer. 3). Merancang, mengembangkan dan mengelola sistem informasi berbasis web. 4). Merencanakan dan menerapkan konsep bisnis berbasis teknologi informasi untuk tujuan wirausaha. dan 5). Mampu Beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.



Informasi rinci masing-masing Program Studi dan informasi tentang pendidikan Vokasi silahkan kunjungi situs portal www.polinela.ac.id

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru

Alamat dan Kontak

spmb politeknik negeri lampung

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) di Politeknik Negeri Lampung, Silahkan Hubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru pada Alamat dan Kontak Berikut ini :

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
Alamat : Jl. Soekarno-Hatta No.10, Rajabasa, Bandar Lampung, lampung, Indonesia, 35141.
No. Telepon : 0721-703995
email : pmb@polinela.ac.id